1029- حدثنا ابوكريب. ثنا ابومعاوية عن الأعمش عن ابى سفيان عن جابر عن ابى سعيد قال: صلى رسول الله
صلى الله عليه وسلم على حصير. رواه ابن ماجة
“Abi sa’id ra berkata:”Nabi saw pernah menunaikan shalatnya diatas alas tikar. HR. Ibnu Majah
قال ابن بطال : إن كان ما يصلي عليه كبيرا قدر طول الرجل وأكثر فإنه يقال له حصير ولا يقال له خمرة . وكل ذلك يصنع من سعف النخل وما أشبهه
_________________________________________
Ibnu Batthol berkata: Jika alas shalat kita itu besarnya seukuran kita (sujud-duduk) maka itu dinamakan “Hashir” bukan dinamakan KHUMROH
Adapun hadits KHUMROH sbb:
عن عبدالله بن شداد. حدثتني ميمونة زوجة النبي صلى الله عليه وسلم قالت: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصلى على الخمرة. . رواه ابن ماجة
Sayyidah Maimunah istri nabi berkata:
“Nabi pernah shalat di atas alas kecil dari kain
“حدثنا نصر بن علي حدثنا عيسى بن يونس عن الأعمش عن أبي سفيان عن جابر عن أبي سعيد أن النبي صلى الله عليه وسلم صلى على حصير رواه الترمذى
قال وفي الباب عن أنس والمغيرة بن شعبة قال أبو عيسى وحديث أبي سعيد حديث حسن والعمل على هذا عند أكثر أهل العلم إلا أن قوما من أهل العلم اختاروا الصلاة على الأرض استحبابا وأبو سفيان اسمه طلحة بن نافع
الحاشية رقم:1:
Hadis Imam Bukhari:
بل روى البخاري في صحيحه من طريق أبي سلمة ، عن عائشة أن النبي صلى الله عليه وسلم كان له حصير يبسطه ويصلي عليه
____________________________________________
Bahkan telah diriwayatkan pula oleh imam Bukhari dalam kitab shohihnya dari jalur Abi Salamah bersumber dari Sayyidah Aisyah bahwa nabi saw beliau mempunyai alas tikar yang bisa di gelar dan beliau shalat diatasnya HASHIR ini menurut ibnu batthol adalah:
Segala jenis alas yg berasal dari rajutan2 pelepah kurma atau sejenisnya… (tuh arabx komen sy diatas).
KOMENTARNYA IMAM SYAUKANI DALAM KITABNYA “NAILUL AWTHAR:
قال في النيل : وقد روي عن زيد بن ثابت وأبي ذر وجابر بن عبد الله وعبد الله بن عمر وسعيد بن المسيب ومكحول وغيرهم من التابعين استحباب الصلاة على الحصير ، وصرح ابن المسيب بأنها سنة .
وممن اختار مباشرة المصلي للأرض من غير وقاية عبد الله بن مسعود فروى الطبراني عنه أنه كان لا يصلي ولا يسجد إلا على الأرض
وعن إبراهيم النخعي أنه كان يصلي على الحصير ويسجد على الأرض
وممن اختار مباشرة المصلي للأرض من غير وقاية عبد الله بن مسعود فروى الطبراني عنه أنه كان لا يصلي ولا يسجد إلا على الأرض
وعن إبراهيم النخعي أنه كان يصلي على الحصير ويسجد على الأرض
Imam Syaukani dalam kitabnya NAILUL AWTHAR berkata:
“Telah diriwayatkan dari Zaid bin tsabit, Abi Dzar, Jabir bin Abdillah, Abdullah bin Umar, Said bin Musayyib, Makhul dan yg lain dari generasi tabiin, yaitu di amjurkannya shalat diatas alas. Ibnu musayyib menjelaskan bahwa itu SUNNAH.
Adapun kelompok yang memilih tempat shalatnya langsung di tanah tanpa alas adalah Ibnu Mas’ud ra.
Imam Thabrani meriwayatkan bahwa Ibnu mas’ud ra tidak pernah shalat dan sujud kecuali di tanah.
Sedangkan riwayat versi ibrahim annakho’i, beliau (ibnu mas’ud ra), shalatnya berdiri diatas alas, namun sujudnya ditanah. (tempat keningnya tdk berAlas)
Posted 10th October 2011 by HIMMAH
Labels: TELAAH KRITIS
Sumber link: http://inilah-salafi.blogspot.com/2011/10/sajadah-yang-katanya-bidah.html
(Salafy/Wahabi-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
0 komentar:
Posting Komentar