Minggu, 27 Desember 2015

Riwayat Hidup Siti Fatimah Masumah as (Saudara Perempuan Imam Kedelapan Syiah, Imam Ali bin Musa ar-Ridho as)


Dia adalah wanita mulia dari keturunan Siti Fatimah Zahra putri Nabi Muhammad Saw, wanita yang sabar laksana Siti Zainab as saudara perempuan Imam Husain bin Ali as penghulu para syuhada. Beliau bernama Fatimah dan berjulukan Ma'sumah (Suci), Karimatu Ahlil Bait (Wanita Keramat dari keluarga suci Nabi Saw, Ahlul Bait as), Siti, dan Fatimah Kubra. Ayah beliau Imam Musa Kadzim as, dan sebagaimana tertera di dalam berbagai riwayat ibu beliau adalah ibu Imam Ali Ridho as.

Para sejarawan mencatat beliau lahir pada tanggal 03 Maret 789 M. di kota Madinah. Wanita mulia ini tumbuh di lingkungan yang penuh dengan keutamaan akhlak. Kesucian, ilmu, dan hikmah adalah sebagian dari sifat yang menonjol dari keluarga suci ini.

Ciri khas akhlak dan keilmuan beliau telah meyakinkan para ulama bahwa di antara sekian banyak putra-putri Imam Musa Kadzim as, tidak ada satu pun dari mereka setelah Imam Ali Ridho as yang menandingi beliau.

Mengenai kedudukan ilmu wanita mulia dari kalangan Syiah ini, diriwayatkan dalam literatur Islam bahwa suatu hari ada sekelompok orang Syiah datang ke kota Madinah hendak menemui Imam Musa bin Ja'far al-Kadzim as dan menanyakan sejumlah persoalan kepada beliau, namun bertepatan saat itu beliau dalam bepergian. Maka Siti Fatimah Ma'sumah as menulis jawaban atas semua pertanyaan itu dan menyerahkannya kepada mereka. Ketika pulang dari Madinah, di luar kota mereka bertemu dengan Imam Musa Kadzim as. Lalu, begitu membaca pertanyaan-pertanyaan mereka berikut jawaban-jawaban dari Siti Fatimah Ma'sumah as maka beliau tiga kali bersabda, "Ayahnya jadi tebusan untuk dia."

Begitu mulia dan bertakwanya wanita muda ini sampai-sampai di dalam doa ziarah kepada beliau disebutkan:

السلام علیک أیتها الطاهرة الحمیدة الکبرة الرشیدة التقیة النقیة المرضیة

Artinya, "Salam padamu duhai wanita suci yang terpuji, baik, bijaksana, bertakwa, murni dan diridhai."

Siti Fatimah Ma'sumah juga dijuluki dengan Muhadditsah. Ilmu dan penguasaan beliau terhadap ajaran utama Islam dan aliran lurus Syiah membuat beliau dikenal sebagai periwayat hadis. Keutamaan beliau yang berikutnya adalah kedudukan sebagai pemberi syafaat. Di dalam berbagai riwayat dan literatur keagamaan, beliau disebut dengan julukan Syafîʻah yang artinya "pemberi syafaat".

Imam Ja'far Shodiq as bersabda:

تدخل بشفاعتها شیعتی الجنة بأجمعهم

Artinya, "Seluruh syiahku masuk surga dengan syafaatnya (Siti Fatimah Ma'sumah)."

Pada mulanya, Siti Fatimah Ma'sumah as hidup di bawah naungan saudaranya, Imam Ali Ridho as. Tapi kemudian Imam as harus tinggal di Khurasan. Karena itu, suatu saat Siti Fatimah Ma'sumah as bergerak keluar meninggalkan kota Madinah menuju Marw dengan maksud menemui saudara tercintanya. Namun, di tengah perjalanan dan setelah memasuki kota Qom pada tahun 817 M, beliau meninggal dunia. Orang-orang Syiah mengantar jenasah beliau dengan penghormatan yang luar biasa dan memakamkannya di daerah yang bernama Babulan. Tempat haram beliau sekarang.

(News-Aqr/STI)

0 komentar: